Our Story

Ceremony

Just Married

SELAMA PANDEMI, CETAK FOTO ONLINE DI ID PHOTOBOOK JADI LEBIH AMAN DAN MUDAH

Hallo semua, menurut kalian sepenting apa sih foto itu? Kalau menurutku sih penting banget ya, karena setiap momen terabadikan dengan sempurna meski suka ada yang burem, jelek dan lain-lain. Apalagi sekarang media sosial sedang naik-naiknya, foto yang paling bagus ingin sekali di publikasikan di media sosial. Tapi dibalik ribuan foto dalam galeri handphone, pastinya ingin sekali ada beberapa momen yang di cetak agar ada foto fisiknya. Karena galeri foto pasti lama-kelamaan akan penuh dan harus ada yang dipindah ke leptop, flash disk dan lain-lain atau malah dihapus.

Apalagi aku dan suamiku itu hobi jalan-jalan dan memang dipertemukannya lewat komunitas motor. Setelah menikah kami suka mencari tempat wisata yang baru bahkan terpencil di pegunungan atau hanya sekedar makan sambil menikmati pemandangan saja. Hingga akhirnya aku hamil lagi pertengahan tahun lalu, semua aktifitas aku hentikan karena takut keguguran lagi dan tiba-tiba ada berita COVID-19 setelah awal tahun terjadi banjir. Saat itu usia kehamilanku menginjak 7 bulan. Aku melahirkan hari ke-3 setelah HPL sehabis adzan isya yang hanya ditemani suami.

Karena melahirkan saat puncaknya pandemi jadi merasa sepi banget, bahkan dirumahpun keluar hanya untuk jemur bayi dan pakaian. Tidak ada yang menjenguk anakku untuk berjaga-jaga karena bayi lebih rentan terkena virus. Selama pandemi hanya bapak dan suamiku yang masih beraktivitas diluar untuk bekerja, meski suamiku yang sebagai driver ojek online keluar rumah mencari orderan dari subuh sampai malam sering tidak mendapatkan uang. Keluarga kami tetap menjaga kebersihan dan selalu menjaga kesehatan, kebiasaan kami dari dulu membersihkan muka, tangan, dan kaki dengan air keran yang ada diluar sebelum masuk rumah.

Ada sepintas dipikiranku ingin seperti yang lain, meski tidak foto ala-ala yang lagi hits setidaknya anakku memiliki album foto sebagai kenang-kenangan tapi aku hanya bisa bersyukur melihat semua perkembangan anakku di galeri handphone. Karena demi terhindar dari berbagai virus aku urungkan keinginan itu, lebih baik mengurangi aktivitas diluar rumah seperti anjuran pemerintah. Tidak terasa anakku sekarang sudah berumur 7 bulan, dia memang sudah mengerti wajahnya di cermin atau bayangannya sejak umur 2 bulan. Bahkan sudah menyukai foto atau videonya jika ditunjukkan dari handphone. Akhirnya kuputuskan untuk mencetak beberapa foto anakku.

Disini aku memilih cetak foto di ID PHOTOBOOK. Aku sendiri tahu ID PHOTOBOOK dari awal promo di facebook yang iklannya muncul diberandaku tahun 2017 silam. Entah kenapa setelah lihat iklannya jadi tertarik dan tanya-tanya lewat messenger, saat itu baru nanya karena bingung mau cetak foto apa. Karena sekarang perlu cetak foto anakku jadi langsung cek web nya dan ternyata ID PHOTOBOOK sudah ada aplikasinya yang bisa di unduh lewat Play Store (android) dan App Store (Apple), kalian sesuaikan dengan merk handphone kalian. Karena handphone ku android jadi aku langsung buka Play Store dan unduh aplikasi ID PHOTOBOOK.

Setelah selesai meng-unduh, kalian buka aplikasinya. Kalian tidak harus login terlebih dahulu untuk melihat-lihat karena baru diharuskan login jika kalian ingin memesan.  Nah didalam aplikasinya sendiri ada 4 pilihan yaitu Promo, Katalog, Keranjang, dan Akun.  Kali ini aku akan pesan album yang Hardcover Large Portrait 48 halaman, albumnya ini memakai kertas hardcover dengan posisi berdiri terdiri dari 48 halaman yang isinya min. 100 foto dan maksimal 100 foto. Harga normalnya Rp. 399.500 dengan hasil foto yang tajam atau jelas, ukurannya 20cm x 30cm plus banyak pilihan tema cover dan layout.

PROSES ORDER

  • Jadi aku langsung klik katalog dan pilih Hardcover Large Portrait 48, kemudian klik pesan sekarang dan akan muncul tulisan ingin langsung membayar atau ingin melanjutkan belanja. Disini aku klik bayar sekarang dan aku akan di arahkan untuk login karena diawal aku belum login.
  • Setelah login akan otomatis masuk ke bagian chekout. Disini kalian wajib menambahkan alamat pengiriman, memilih kurir pengiriman (SiCepat Express atau  JNE) dan memilih durasi pengiriman, jangan lupa masukkan kode voucher jika mempunyai kode voucher, lanjut klik pilih pembayaran.
  • Pembayaran bisa Dilakukan dengan transfer antar bank (Mandiri, BRI, BNI, BCA) atau tunai (Alfa Group). Setelah melakukan pembayaran, kalian wajib meng-klik konfirmasi pembayaran. Jika sudah terkonfirmasi kalian akan masuk ke bagian upload foto.

PROSES UPLOAD FOTO

  • Dibagian atas kalian akan diminta mengisi tanggal lahir, agar mendapatkan promo kejutan saat ulangtahun.
  • Klik upload foto, didalamnya kalian akan diminta untuk memilih tema dan layout.
  • Pilih foto yang akan kalian cetak. Disini kalian bisa memilih foto untuk dijadikan sebagai cover dan mengurutkan foto kalian (tidak wajib untuk mengurutkan fotonya). Karena aku dapet bonus kalender dinding jadi aku bisa memasukkan 9-18 foto untuk kalendernya.
  • Jika sudah selesai tinggal klik upload dan tunggu paket albumnya selesai deh... Kalian bisa cek status pesanan kalian dibagian akun, disini kalian bisa tahu pesanan kalian sudah sampai tahap mana (verifikasi foto, proses layout, proses produksi, pengiriman).

HARGA PHOTOBOOK

Untuk harganya menurutku lumayan terjangkau dan banyak variannya, mulai dari 168.000 sampai 1.275.000 tergantung paket yang dipilih. Selain album foto, ternyata di ID PHOTOBOOK juga ada edu card, kalender meja (portrait dan landscape), kalender klem dan spiral untuk di dinding, dan photowall. ID PHOTOBOOK ini sangat pas dengan situasi yang sekarang, yang di anjurkan untuk tetap berada didalam rumah. Tinggal klik dan tunggu barangnya tiba dirumah. Karena sama seperti kita berbelanja online pada umumnya.

KESAN DAN PESAN

  • Mendapatkan kualitas kertas yang bagus dan tebal dengan harga yang terjangkau, pastinya sangat senang dan excited. Karena aku pernah bekerja diperusahaan packaging yang tahu harga kertas itu berapa.
  • Pada album foto ini aku memesan tema simple elegant sesuai pilihan suami, namun sedikit kecewa karena ada foto yang kebalik, ada yang fotonya kebesaran dan kekecilan. Menurutku meskipun aku sudah mengurutkan fotonya tapi karena aku tidak tahu fotonya ada dibagian mana harusnya bagian layout cek ulang, foto ini bagus tidak dibagian sini atau foto itu bagus tidak dibagian situ dan tidak akan ada kesalahan foto terbalik. Kalau tahu tidak di edit oleh bagian verifikasi foto atau bagian layout, lebih baik aku edit terlebih dahulu semuanya.
  • Foto tampak jernih dan tajam, seperti bercerita. Nah, untuk hasil maksimal, wajib banget menggunakan resolusi foto minimal 1600x1200 pixel atau 2.88 MB (2880 Kb) agar tidak pecah saat di cetak.
  • Karena aku memesan album foto pada bulan oktober jadi aku mendapatkan promo bonus kalender klem untuk di dinding. Seneng banget dong, sudah memiliki kalender 2021 terlebih dahulu dengan foto keluarga kecilku.
  • Album dibungkus dengan kardus eksklusif berbentuk seperti tas dengan stiker ditengahnya bertuliskan Beautiful Moment’s Inside dan ternyata selain album foto dan kalender aku juga mendapatkan kertas origami, voucher, dan ucapan terimakasih.

Oya, menuju akhir tahun ID PHOTOBOOK sedang banyak promo dan tema-tema baru lho... Jadi buat kalian yang ingin memiliki album foto seperti aku dan mendapatkan banyak promo, langsung saja berkunjung ke https://idphotobook.com?ref=63O7ZQK7KX6W

Terimakasih sudah mampir diblog okta kali ini, nantikan blogku berikutnya ya...

 


You May Also Like

5 komentar

  1. Wah bisa jadi referensi ini buat cetak foto mau cetak foto anakku emang rencananya

    BalasHapus
  2. Mengabadikan momen bersama orang terkasih tidak hanya bisa lewat kamera atau hp ya, di cetak lebih berkesan apalagi bisa lewat online

    BalasHapus
  3. Aku uda cetak juga loh di ID Photobook hasil cetakannya bagus deh..

    BalasHapus
  4. Hasil fotonya mana nih Kakm penasaran 😆 aku juga rasanya pengen cetak kayak gini

    BalasHapus
  5. Cetak foto online masih banyak yang cari ya kak. Buat kenang-kenangan yg bisa di buka setiap saat. Jga bisa jadi pajangan ya wkwkw

    BalasHapus